Kamis, 08 Maret 2012

Pengenalan Karya Ilmiah


1.      Pendahuluan
Karya ilmiah adalah karangan ilmu pengetahuan yang menyajikan fakta umum yang ditulis atau dikerjakan sesuai dengan tata cara ilmiah dan mengikuti pedoman dan konvensi ilmiah yang telah disepakati atau ditetapkan. Fakta umum yang dimaksudkan ialah fakta yang dapat dibuktikan kebenarannya. Namun, harus diingat bahwa tidak semua fakta umum bernilai ilmiah. Contoh fakta umum yang bernilai ilmiah: “Jumlah sudut sebuah segi tiga itu 180 derajat”. Dengan dasar pengetahuan, kita dapat membuat pernyataan bahwa jumlah sudut sebuah segi tiga adalah sama dengan jumlah dua sudut siku-siku. Sebaliknya, contoh fakta yang tidak bernilai ilmiah: ”Orang itu berteriak dengan sekuat tenaga”. Adapun pedoman atau konvensi ilmiah memberikan petunjuk tentang cara menulis karya ilmiah.
Pernyataan ilmiah itu memerlukan pemikiran sebelumnya dan  penerapan serta pengujian sesudahnya. Dengan demikian, pernyataan ilmiah itu dapat dibuktikan kebenarannya. Pemikiran sebelumnya mencakup semua alasan ilmiah berdasarkan fakta atau data yang diperoleh secara ilmiah. Melalui proses penalaran dihasilkan produk pemikiran yang berupa pernyataan-pernyataan atau usulan-usulan yang dapat diperiksa benar tidaknya.

2.      Fakta dan Penilaian
Karangan sebenarnya berisi pernyataan-pernyataan (statement). Dalam menyusun pernyataan harus dibedakan antara fakta dan penilaian. Fakta adalah apa yang ada, yang dapat dilihat, disaksikan, atau dirasakan. Suatu perbuatan yang dilakukan atau suatu peristiwa yang terjadi adalah fakta. Fakta selalu benar dan menyatakan apa adanya tanpa memperhitungkan pendapat orang tentangnya.  Penilaian menyatakan simpulan, pertimbangan, pendapat, atau keyakinan seseorang tentang fakta itu. Dengan demikian, penilaian bersifat menghakimi, memvonis. Untuk lebih jelasnya fakta dan penilaian ini dapat dilihat pada contoh berikut.
Seorang anak bercerita kepada ibunya setelah selesai menonton Kontes Dangdut Indonesia 2 (KDI 2) bahwa ia melihat penampilan 20 kontestan. Cerita ini merupakan fakta. Apabila anak tersebut melanjutkan ceritanya bahwa kedua puluh peserta itu tampil dengan sangat memukau, maka cerita tersebut termasuk penilaian. 

3.    Ciri-ciri Karya Ilmiah
            Syarat-syarat karangan ilmiah ialah:
a.       menyajikan fakta objektif secara sistematis;
b.      penulisannya cermat, tepat dan benar, serta lulus, tidak memuat terkaan;
c.       sistematis, tiap langkah direncanakan secara sistematis terkendali secara konseptual dan prosedural;
d.      tidak mengejar keuntungan pribadi, yaitu tidak berambisi agar pembaca tidak berpihak padanya; motivasi penulis hanya untuk memberitahukan tentang sesuatu dan tidak ambisius;
e.       tidak memuat pandangan-pandangan tanpa pendukung, kecuali dalam hipotesis kerja;
f.       menggunakan bahasa ilmiah;
g.      karangan ilmiah tidak emotif, tidak menonjolkan perasaan;
h.      tidak memancing pertanyaan-pertanyaan yang bernada keraguan;
i.        tidak persuasif, karangan ilmiah itu benar untuk mendorong pembaca mengubah pendapat, tidak melalui ajakan, tetapi membiarkan fakta berbicara sendiri; dan
j.        tidak melebih-lebihkan sesuatu,  dalam karangan ilmiah hanya disajikan kebenaran fakta, memutarbalikkan fakta akan menghancurkan tujuan penulisan karya ilmiah.

0 komentar:

Poskan Komentar